Vrydag 12 April 2013

Teknik Memetik Gitar

Teknik Memetik Gitar

|| || || 12 comments Dalam Dunia musik sudah tidak asing lagi dengan alat musik gitar . alat musik yang berasal dari daerah barat ini sudah hampir menjadi kewajiban pada lagu lagu indonesia zaman sekarang . namun dibalik permainan gitar yang di "Genjreng" banyak aliran gitar acoustic yang sangat indah bila dipetik . tapi permainan dalam memetik gitar tidak semudah Rahasia Belajar Chord Gitar Dengan Cepat . mengapa ? 
karena dalam memetik gitar kita perlu pelemasan tangan yang lebih .


Pada kesempatan kali ini saya akan share pengalaman saya dalam berlajar teknik memetik gitar . bukan tutorial yang mendalam namun  tutorial yang sederhana dalam bentuk tulisan yang semoga bisa dipraktekan dengan lancar .

Persiapan sebelum belajar memetik gitar :
1. Pelemasan tangan 
           Pelemasan tangan/jari adalah hal yang penting dalam teknik memetik gitar . karena dengan jari-jari kita yang lemas , maka dengan mudah kita dapat menguasai teknik memetik dalam gitar .

2. Lancar dalam Chord Gitar
           Terkadang banyak orang yang menginginkan dirinya ingin lancar dalam memetik gitar namun chord gitar saja belum lancar . nah ini menjadi permasalahn yang sering terjadi pada seseorang . karena dalm teknik memetik gitar , sebelumnya kita harus menguasai dahulu chord chord gitar .

           Setelah 2 hal di atas di lakukan mari kita menuju ke Teknik Memetik Gitar . siapkan gitarmu dan siapkan tanganmu untuk melakukanya dan siapkan hati bermain musikmmu .

Teknik Dasar Memetik Gitar :
1.    Lakukan pemetikan dengan jari telunjuk dan jempol terlebih dahulu . jangan sampai terbawa nafsu untuk belajar memetik gitar karena semuanya perlu tahapan yakni dengan 2 jari terlebih dahulu .

2.    Jari telunjuk difungsikan sebagai jari yang berfungsi untuk memetik gitar pada senar 1-3 dan jempol untuk senar 4 - 6 

3.    Lakukan pemetikan pada chord chord dasar terlebih dahulu , contoh dengan chord "A" dan cobalah petik .

4.    Setelah lancar dengan 2 jari (Jempol dan telunjuk , lanjutkan dengan menambah jari manis , dan seterusnya sehingga pada akhirnya semua jari tangan bermain untuk memetik gitar .

5.    Lakukan Pemtikan kembali dengan chord dasar namun kalai ini dengan jari-jari kita semua yang sudah kita latih dengan lancar .

6.    Lakukan terus menerus setiap hari , minimal setiap hari memetik gitar dengan lagu yang menurut kita asik . Karena dengan latihan terus menerus kita akan terbiasa dan bila kita sudah terbiasa maka kita akan bisa .

Sekian tips untuk Teknik Memetik Gitar dari saya , semuanya tergantung pada kita sendiri . rajin berlatih dan terus mencoba dan semuanya akan didapatkan . 


Tehnik strumming merupakan tehnik yang digunakan pada tangan kanan, tehnik strumming ini dilakukan dengan cara memetik senar gitar secara bersama (2-6 senar secara bersama). Tehnik strumming pada setiap aliran musik berbeda satu sama lain, karena irama yang mendasari berbeda pula. Coba bandingkan cara memetik gitar pada aliran dangdut (is the music of my country) dengan aliran blues, funk, punk, pop, rock, dan lain-lain.
Perbedaan ini yang memungkinkan para pemain gitar mempelajari banyak irama dan variasi tehnik strumming. Semakin banyak yang dikuasai berarti semakin handal dalam memainkan tehnik Strumming.
Berikut adalah contoh latihan Strumming yang di notasikan dengan tabulature:
latihan strumming 1
latihan strumming 2
Cara baca tabulature sebagai berikut:
  1. Garis paling atas mewakili senar gitar nomer 1
  2. Angka pada tabulature menunjukkan kolom gitar yang di tekan
  3. Angka “0″ pada tabulature berarti senar tidak ditekan tapi ikut di petik bersamaan dengan nada yang lain.
  4. Angka yang berjejer memebentuk garis lurus dari atas ke bawah harus dipetik bersama.
  5. Gerakkan tangan untuk latihan strumming ke atas dan ke bawah secara bergantian.
  6. Apabila gambar kurang besar dan kurang jelas, silahkan di klik untuk memperbesar.




Semoga Bermanfaat dan Selamat berlatih…

Related Post:



0

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking

Gunakan Google Chrome Untuk Mendapatkan Tampilan Terbaik Blog Ini ( ^_^ )