Vrydag 12 April 2013

Cara Bermain Gitar Listrik Elektrik

Tips supaya cepat bermain gitar

Tips 1 : Percaya Diri
Percaya diri itu sangat penting(Feel). Jika anda sudah mendapatkan Feelnya itu. Walaupun salah berkali kali anda masih dapat tersenyum dan selalu mencoba untuk bisa. Percaya diri bahwa anda bisa, dan katakanan pada diri anda sendiri “Dia bisa, dan aku juga pasti bisa”. Intinya, JANGAN MUDAH PUTUS ASA.

Tips 2 : Menghafal Kunci
Percaya diri ya boleh boleh saja. Tapi kalau tidak hapal kuncinya mah sama aja bohong. Kunci adalah nyawa dari permainan gitar. Tanpa kunci, meski kita tahu semua jurus ritem, dijamin kita tidak akan pernah tahu bunyinya seperti apa. Pelajarilah semua kunci dasar seperti C, D, E, F, A, G, beserta semua bentuk minor dan #nya (kecuali untuk kunci B memakai bentuk Bb). Biasanya buku tentang kunci-kunci ini dijual bebas di pasaran.

Tips 3 : Mengiringi Lagu
Setelah itu, lanjutkan dengan mengiring Lagu karena itu juga bisa buat melatih pendengaran anda. Lagu lagu yang anda suka tentunya. Buku lagu di jual bebas di pasaran atau anda bisa browsing di Google atau Klik disini . Kalau sudah Hapal Kunci lagunya anda bisa menutup buku lagunya dan mainkan. Kalau anda ingin cepat bisa, anda bisa iringi lagu Seperti: Dream Theater, A7X, Metallica, Extreme, protos the heroes, dll.

Tips 4 : Sabar dan Rutin Berlatih
Hal ini sangat penting karena dengan sabar dan rutin berlatih, kita akan terbiasa dan semakin mantab bermail gitar dan skill bermain gitar kita bertambah. Mungkin saja kita bisa jadi gitaris legendaris, seperti Slash




Ok sedikit tips dari saya, jangan lupa tinggalkan komentarnya ya.

Tuesday, November 27, 2012

Teknik Dasar Bermain Gitar Bagi Pemula

Teknik Dasar cara bermain Gitar

Cara bermain gitar yang baik dan benar adalah bermain dan menghasilkan nada yang harmonis dan dapat mengiringi sebuah lagu. Bila sobat bermain gitar dengan asal-asalan, maka akan menghilangkan harmoni dari pada gitar tersebut.

Belajar bermain gitar melalui beberapa tahap diantaranya, pemula, menengah dan tingkat mahir. Saya hanya akan membahas tentang cara bermain gitar bagi pemula, sedangkan untuk tahap menengah dan mahir akan saya bahas di lain kesempatan.

Teknik bermain gitar bagi seorang pemula hanya berkisar pada pengenalan kord dan memadukan kord sehingga dapat mengiringi sebuah lagu. Agar dapat mengiringi sebuah lagu maka sobat harus menguasai kord yang akan digunakan, misalnya nada dasar dari lagu tersebut adalah do=C maka dasar dari kord yang akan dimainkan adalah C-F-G, sedangkan dasar kord minor adalah Am-Dm-Em.

Kord merupakan dasar bermain gitar maka diusahakan agar sobat tidak lupa dengan berbagai macam kord sehingga cara bermain gitar sobat bisa di lihat rapi dan dapat mengiringi lagu dengan baik dan benar.

Beberapa tips bermain gitar yang akan saya berikan ini akan membantu sobat bermain gitar dengan baik.
1. Kuasailah lagu yang akan dimainkan.
2. Mulailah dengan lagu yang mudah dimainkan.
3. Hafal semua jenis kord terutama kord dasar baik itu major maupun minor.
4. Mulailah dengan pemanasan jari sebelum bermain gitar.
5. Enjoy dan jangan kaku.
6. Harus memiliki buku lagu yang berisi contoh kord.


Bagi para pemula atau baru pertama kali bermain gitar dan masih belum tahu apa - apa aja akor dalam bermain gitar, Saya akan membantu anda dengan memberikan akor - akor dasar dalam bermain gitar
Ket :
1 : Jari Telunjuk
2 : Jari Tengah
3 : Jari Manis
4 : Jari Kelingking

(klik gambar untuk memperbesar)

Monday, November 26, 2012

Cara bermain sweep Picking pada GItar

Belajar Teknik Sweep picking Sweeping pada Gitar

     
  Sweep picking adalah teknik bermain gitar di mana cara memetiknya seperti menyapu. Bagi yang baru awal mengenal teknik sweeping ini memang sulit dalam mempraktekkannya maka dari itu harus pelan-pelan dulu dengan slow speed, karena setelah terbiasa kita bisa melakukannya dengan fast speed sehingga bisa menghasilkan nada yang terdengar rapi dan mengalir.


Oke, perhatikan gambar di bawah ini. Lihatlah setiap senar gitar hanya ada satu nada pada tiap senar. Dan ketika kita mulai, yang pertama di petik adalah senar 4 kolom 5 dan seterusnya.Selamat  mencoba.



Sunday, November 25, 2012

Nama Bagian dalam Gitar Listrik

Bagian-bagian dalam gitar Listrik Elektrik

Ini sekilas preview dari bagian2 gitar yang perlu diketahui,bisa buat referesi buat beli gitar baru ato custom gitar
Image Hosted by ImageShack.us


headstock : bagian kepala gitar
tuner : knop untuk menyetem senar gitar
tuner posts : tempat buat nyantolin senar ke tuner
nut : tempat sandar senar pada headstock
neck : bagian leher gitar
frets : balok metal pada fretboard
fretboard/fingerboard : papan kayu pada posisi neck berisi frets
strings : senar gitar
body : badan gitar
pickups : converter suara senar menjadi gelombang elektronik
bridge : tempat ujung senar gitar bertaut
whammy bar : penggerak bridge,lebih akrab disebut handle

Saturday, November 24, 2012

Cara Belajar Bermain Gitar Listrik

Bagaimana Cara Bermain Gitar Listrik ?

Jika Anda belum pernah mengambil gitar, tetapi Anda benar-benar ingin belajar bagaimana untuk bermain, ini adalah pelajaran untuk Anda. Dengan belajar hanya dua bentuk akord dalam pelajaran ini Anda akan dapat memainkan lagu ton. Ide di balik pelajaran ini adalah untuk tidak bermain sempurna, tapi untuk memulai membuat beberapa real music secepat mungkin. Jika Anda, sebagai pemula, dapat memainkan beberapa musik keren langsung, Anda akan didorong dan banyak lebih bersemangat belajar bermain gitar. Jari-jari anda mungkin akan sedikit sakit setelah bermain untuk sementara waktu tapi itu akan berlalu setelah beberapa minggu.

Perkembangan akord yang akan kita gunakan dalam pelajaran ini adalah E, A, B, dan E. Mulailah dengan meletakkan jari telunjuk Anda pada kolom 7 dari string tebal kedua. Sekarang meletakkan jari Anda pada 3 kolom 9 dari string ke-4 dan Anda pinky pada 9 fret dari string 3. Jika Anda memiliki memilih, terus di antara jari telunjuk kanan dan ibu jari Anda, jika Anda tidak memiliki memilih hanya menggunakan jari-jari Anda. Memetik semua enam senar. Itu adalah akord E.

Letakkan jari Anda pada 3 fret 2 dari string ke-4 dan Anda pinky pada tanggal 2 fret dari string 3. Ini adalah akord A. Ini adalah bentuk yang sama seperti akord pertama dalam perkembangan, namun daripada menggunakan jari telunjuk Anda, Anda hanya perlu 5 string terbuka. Strum semua string kecuali untuk senar E rendah.

Mengambil bentuk yang sama yang kita pertama kali belajar dan bukannya memiliki jari telunjuk Anda pada kolom 7 dari string 5, meletakkannya di fret 2. Sekarang jari Anda 3 harus pada 4 fret dari string 4 dan Anda pinky harus pada 4 fret dari string 3. Strum semua string kecuali E. rendah Ini adalah akord B.

Satu akord tersisa untuk belajar. Akord terakhir adalah akord E biasa terbuka. Ini adalah akord hanya di mana Anda harus belajar bentuk baru. Ambil jari telunjuk Anda dan tempatkan pada 1 fret dari string 3. Sekarang tempat jari Anda 3 pada tanggal 2 fret dari string 4 dan 2 jari Anda pada 2 fret dari string 5. Memetik semua enam senar.

Sekarang bahwa Anda memiliki semua akord belajar, mari kita menempatkan pola memetik dasar dengan perkembangan tersebut. Untuk memulai, mari kita tetap sederhana. Gunakan semua stroke bawah dengan tangan kanan Anda. Anda harus memiliki delapan stroke bawah untuk setiap akord. Membawa Anda akord waktu berubah pada awalnya dan mencoba untuk membuat catatan sejelas mungkin. Jika Anda tidak mendengar semua catatan dalam akord, pastikan bahwa Anda menekan senar cukup keras. Jika akord masih tidak terdengar benar, pastikan bahwa Anda tidak mematikan beberapa string dengan jari-jari Anda yang mengeluh catatan. Berkonsentrasi pada menjaga ritme stabil dengan tangan kanan Anda.

Dengarkan ini chord dan progresi seperti ini dalam musik yang Anda ingin mendengarkan. Ambil bentuk yang telah Anda pelajari dalam pelajaran ini dan mencoba mencampur mereka untuk datang dengan lagu sendiri. Hanya percobaan. Pada titik ini sebenarnya tidak ada benar atau salah. Bersabarlah dengan diri sendiri dan ingat untuk bersenang-senang belajar gitar.

Friday, November 23, 2012

Cara memegang Gitar yang baik dan benar

Posisi bermain gitar yang baik dan benar
Cara Memegang gitar dan posisi duduk terbaik dalam belajar gitar itu sangatlah penting untuk mempercepat dan membuat anda rilek dalam memainkan jari jemari anda di fretbroad gitar, cara memegang dan cara duduk juga berpengaruh kepada daya jangkau jari anda dalam bermain melodi maupun untuk membentuk kunci gitar yang memerlukan bentangan jari yang jauh. Banyak sekali orang yang belum mengetahui kenapa jarinya tidak bisa maksimal bila di bentangkan yang akhirnya tidak bisa menjangkau beberapa bentuk melodi dan bentuk kunci gitar yang ingin dia mainkan. 
Pada dasarnya bentuk memegang gitar dan cara duduk dalam bermain gitar itu ada 2 varian yaitu posisi klasik dan posisi casual. Posisi klasik biasa di lakukan oleh para pemain gitar yang beraliran klasik seperti neoclasical dan flamenco/flamengo (Klasik Spanyol dan Latin). Sedangkan posisi casual lebih sering di mainkan oleh para pemain gitar yang terbilang labih modern, seperti gitaris zaman sekarang.
Secara lebih detail dari cara memegang dan duduk dalam bermain gitar adalah sebagai berikut :
  1. Cara memegang gitar klasik dan casual.
    • Klasik : Ibu jari tangan kiri akan memegang pertengahan leher gitar, posisi ini sangat menguntungkan untuk sang pemain klasik dalam menjangkau beberapa kunci gitar yang memerlukan bentangan jari karena dengan ibu jari di tempatkan di tengah leher gitar. Cara memegang seperti ini di anggap cara memegang gitar yang benar oleh kebanyakan guru gitar.
    • Casual : Ibu jari memegang lebih ke atas leher gitar, posisi ini juga tidak kalah banyak yang menggukanakan terutama oleh para pemain blus dan rock n roll. Posisi ini lebih menguntungkan buat teknik bending dari pada posisi klasik. Hal ini di terangkan langsung oleh Joe Satriani bila ingin bisa bending sampai 1 1/2 nada dan untuk melakukan vibrasi maksimal. Cara casual juga lebih terlihat nyaman bila di mainkan dalam posisi berdiri dan terlihat lebih modis namun juga di katakan cara yang salah bagi beberapa guru gitar.
      Cara klasik dan casula pegang gitar
      Sebelah kiri gaya klasik dan sebelah kanan gaya casual
  2. Cara duduk klasik dan casual.

    posisi klasik bermain gitar
    Duduk gaya klasik

    • Klasik : Posisi duduk seperti ini adalah dengan menempatkan body gitar di atas paha kiri dan posisi gitar miring beberapa derajat, biasanya kaki kiri di beri dudukan biar kaki kiri agak terangkat lebih ke atas dari kaki kanannya.
      gaya casual bermain gitar
      Duduk gaya casual
    • Casual : Kebalikan dari klasik, posisi ini adalah dengan cara menempatkan body gitar di atas paha kanan. Cara seperti ini sangat familiar dan sering di gunakan para pemula bahkan para shreder sekelas Paul Gilbert dan Andy James.
Itulah 2 varian cara memegang gitar dan posisi duduk dalam bermain gitar, saya pribadi adalah penganut gaya casual, dan hanya menggunakan gaya klasik bila ingin membentangkan jari di waktu tertentu. Bagaimana dengan anda, apakah klasik atau casual ?. Jangan bingung dan jangan ragu, rasakan kenyamanan dari dua jenis di atas mana yang lebih cocok buat anda. Jangan memikirkan pendapat orang salah dan benarnya, rasakan saja sendiri mana yang baik dan yang tidak baik buat anda karena ilmu gitar bukanlah matematika yang bisa di katakan benar atau salah dengan mudah.

Akhir kata, semua tergantung selera dan kenyamanan kita pribadi, bila gaya casual salah berarti Joe Satriani dan Paul Gilbert adalah guru yang "sesat". Tapi kenapa mereka terkenal, punya karya hebat dan di sebut dewa gitar?. Akan lebih bijaksana bila kita bisa mengkombinasikan ke 2 gaya di atas untuk permainan kita. Dewasalah dan berfikirlah sendiri. Salam \m/.

Cara Memegang Gitar Listrik yang benar

Bagaimana Posisi memainkan gitar elektrik yang benar?

Dalam pelajaran ini kita akan melihat cara memegang gitar listrik. Tiga pilihan dasar yang Anda harus memilih dari ketika memegang sebuah gitar listrik adalah metode kasual, metode klasik dan berdiri. Kami akan mencakup masing-masing metode ini dan membiarkan Anda tahu tentang beberapa peralatan yang mungkin Anda ingin membeli.

Metode kasual mungkin metode yang paling populer memegang gitar listrik. Ini karena, dengan metode ini, mudah untuk hanya mengambil gitar dan mulai bermain. Anda tidak perlu tali atau tumpuan untuk mengambil gitar dan pergi. Untuk menggunakan metode biasa, hanya duduk dan tempat gitar di atas kaki kanan. Pegang gitar dekat dengan tubuh Anda dan gunakan lengan kanan Anda untuk memastikan bahwa gitar tidak geser ke bawah kaki Anda. Ini adalah ide yang sangat baik untuk memastikan bahwa Anda duduk tegak. Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan masalah punggung dan teknik miskin.

Metode klasik memegang gitar mengharuskan anda menaruh gitar di kaki kiri. Biasanya orang yang menggunakan metode klasik memiliki tumpuan untuk beristirahat kaki kiri mereka. Ini membawa kaki mereka naik lebih tinggi dan menempatkan gitar dalam posisi yang lebih baik untuk bermain. Anda dapat menemukan tumpuan di hampir semua toko musik untuk sekitar $ 15 - $ 30 Keuntungan dari metode klasik yang menempatkan tangan Anda resah dalam posisi yang lebih baik untuk bermain dan memberikan Anda akses yang lebih baik ke frets lebih tinggi. Sekali lagi, pastikan bahwa Anda duduk tegak.

Berdiri sambil bermain gitar adalah cara yang bagus untuk berlatih. Ketika Anda tampil di depan penonton Anda biasanya akan berdiri. Jika Anda berlatih di posisi yang sama yang Anda akan bermain, Anda mungkin akan lebih nyaman dan membuat kesalahan lebih sedikit. Jika Anda ingin berdiri saat Anda sedang bermain Anda akan perlu memiliki tali gitar.

Tali untuk gitar listrik dapat biaya mana saja dari $ 10 - $ 50. Kebanyakan tali sepenuhnya disesuaikan sehingga Anda bisa memakai gitar Anda rendah atau tinggi. Ada banyak pemain gitar di luar sana yang memakai gitar benar-benar tinggi dan ada banyak yang memakai gitar mereka benar-benar rendah. Cobalah menyesuaikan tali Anda ke ketinggian yang berbeda dan melihat apa posisi terbaik bagi Anda.
 
Mengenal Teknik Gitar Elektrik
cara menguasai teknik gitar

Teknik gitar elektrik adalah teknik gitar yang dikhususkan untuk dimainkan dengan menggunakan gitar elektrik. Itu berarti teknik gitar elektrik/listrik tidak akan bekerja penuh jika anda memainkannya dengan gitar tabung/klasik.

Maka dari itu, saat anda mulai berlatih teknik gitar, usakahan anda menggunakan gitar elektrik/listrik dan bukan gitar tabung.

Teknik gitar listrik lumayan banyak. mulai dari, teknik hammer-on, pull-off, sliding, taping, muting, whammy bar, scraping, bending, arpeggio, harmonik dan power chord/kord. Untuk lebih jelasnya tentang semua teknik gitar tersebut, silahkan baca artikel teknik dasar gitar elektrik, klik > http://rebabocara.blogspot.com/2011/05/teknik-dasar-gitar-elektrik.html

3. Berlatih
Berlatih adalah hal yang paling penting bagi seseorang untuk menguasai sesuatu. Tidak ada orang yang bisa melakukan teknik gitar tanpa latihan. Dengan berlatih berarti anda juga telah membiasakan diri anda membaur dengan gitar.

Berbeda dengan orang yang tidak pernah berlatih, orang yang tidak pernah berlatih akan merasa "kagok" saat memiankan gitar.

Berlatihlah teknik gitar dengan serius. Tidak harus menguasai semua teknik gitar dalam satu kali latihan, tapi pelan pelan lebih bagus, menguasai satu demi satu teknik gitar dengan menyempurnakanya lebih baik dari pada menguasai semua teknik gitar sekaligus tanpa menguasainya dengan sempurna, alias setengah-setengah.

Kunci dari cara menguasai teknik gitar adalah kemauan anda sendiri, apakah anda benar-benar niat dan mau melakukanya atau tidak. Jika memang anda benar-benar berniat untuk belajar teknik gitar, secara otomatis anda akan memulai latihan dan itu adalah jalan menuju kesuksesan anda menguasai semua teknik gitar elektrik dengan sempurna. (Walaupun tidak ada di dunia ini yang sempurna, karena kesempurnaan adalah milik Allah dan judul lagunya Andra & The Backbone.)

Related Post:



0

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking

Gunakan Google Chrome Untuk Mendapatkan Tampilan Terbaik Blog Ini ( ^_^ )